Cara Membuat Jam Digital Masjid dengan Arduino

Cara Membuat Jam Digital Masjid dengan Arduino dengan Mudah

Cara membuat jam digital masjid dengan Arduino sekarang ini memang menjadi hal yang dicari-cari. Maklum saja, source code yang satu ini menjadi sebuah detak dari jam digital. Jam digital pasti sudah tidak asing lagi untuk Anda. Jam digital sengaja di pasang untuk menampilkan jadwal shalat dengan otomatis.

Denganmenggunakan jam digital ini, kita bisa mengetahui jadwal shalat dengan mudah dan praktis. Tak hanya itu, jam digital juga memiliki alarm, sehingga kita bisa menjalankan ibadah shalat dengan tepat waktu. Sebenarnya, apa keuntungan setting jam digital dengan menggunakan Arduino ini? Apakah lebih mudah dibandingkan dengan yang lainnya?

Update Otomatis Selamanya

Beda dengan jadwal menggunakan EEPROM, jika ingin menyimpan jadwal sholat untuk satu tahun, Arduino memang bisa dikatakan lebih fleksibel, serta tidak perlu melakukan update secara rutin, selain itu proses perhitungannya biasanya sudah dilakukan oleh kementrian agama. didalam program ini sudah ditanam rumus, sehingga Anda tidak perlu menggunakan EEPROM agar bisa menyimpan jadwal untuk sholat.

Ada beberapa kelebihan yang akan Anda rasakan jika mengikuti caramembuat jam digital masjid dengan Arduino ini. Pertama, Anda tidak perlu kerepotan melakukan update jadwal setiap tahun atau setiap bulan. Ketika sudah menggunakan metode tersebut, jam akan otomatis terupdate selama satu tahun penuh. Tentu saja hal ini membuat Anda semakin praktis.

Kedua, alat dapat dikirim hingga kemana saja. Hal yang penting ialah Anda mengetahui titik antara lintang serta bujurnya, selainitu Anda juga tidak perlu repot memegang table jadwal tahunan yang mungkin memiliki banyak angka serta terkesan memusingkan. Anda juga bisa mengganti lokasi lintang bujur jika tiba-tiba ingin pindah lokasi.

Terakhir, tak perlu menggunakan software untuk melakukan pemrograman. Jika ingin melakukan setting jam digital ini,  Anda tidak perlu melakukan pemrograman jadwal dengan menggunakan komputer, karena nantinya data yang dimasukkan begitu simple dan mudah untuk diikuti.

Cara Membuat Jam Digital Masjid denganArduino

Untuk membuat jam digital dengan menggunakan Arduino, Anda bisa mencari source code yang digunakan untuk menghitung jadwal sholats elama 1 har ipenuh. Setelah itu, Anda hanya perlu mencari coding Arduino. Pada dasarnya, coding yang Anda dapatkan nantinya akan menggunakan bahasa Inggris, tetapi bisa di modifikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Selain itu, dalam library tidak ada waktu imsak, namun Anda bisa melakukan modifikasi sehingga akan menampilkan waktu imsak ketika bulan Ramadhan. Setelah itu jangan lupa membuat sudut subuh serta isya, serta mengubah timezone sesuai dengan waktu yang Anda gunakan sekarang ini. Terakhir, Anda bisa mengubah bujur dan lintang sehingga jamnya cocok.

Pada dasarnya, untuk membuat jam digital masjid dengan menggunakan Arduino ini harus dilakukan dengan teliti, namun hal tersebut sebanding dengan manfaat yang dimilikinya. Dengan menggunakan jam digital, waktu adzan dan iqomah akan memiliki jeda, selainitu jam digital memiliki background bercahaya sehingga jam Anda akan menjadi tetap terlihat dengan jelas meskipun di taruh di ruangan yang minim pancaran cahaya.

Jadi, tak ada salahnya memilki jam digital ini. Tak ada salahnya untuk merogoh kantong agar bisa memiliki sesuatu yang berguna untuk kebutuhan rohani. Bila sekarangini Anda mencari supplier jam digital murah, Kami siap untuk menjadi jawabannya. Di banderol dengan harga yang murah, Kami akan memberikan kualitas terbaik untuk Anda. Semoga informasi Cara membuat jam digital masjid denganArduino di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *