Pantai Petanahan

Pantai Petanahan, Lokasi, Fasilitas & Tiket Masuk 2019

Pantai Petanahan, yang terletak di wilayah pesisir selatan Jawa, memiliki pemandangan yang sangat eksotis. Bibir pantai sangat lebar, panjang dan berliku-liku, sehingga menimbulkan efek gelombang yang berbeda. Namun, kondisi ombak di pantai cenderung besar, sehingga pengunjung disarankan untuk tidak berenang terlalu jauh dari area pantai. Beberapa mitos yang berkembang, para pengunjung yang datang juga dilarang mengenakan pakaian hijau. Diyakini bahwa hal itu dapat menarik perhatian Ratu Kidul untuk memicu munculnya hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak hanya menyajikan keindahan pantai, tetapi ada area hutan yang sengaja dibuat sebagai sarana reboisasi. Tumbuhan hutan ikonik adalah Cemara Udang. Wisatawan dapat menikmati kesegaran dan kehijauan hutan hijau yang ada di dekat pantai. Sebagai pembatas antara hutan dan area pantai, ada tebing yang kokoh sebagai pembagi. Ukurannya tidak begitu tinggi, tetapi cukup nyaman untuk dijadikan tempat mencari matahari terbenam saat senja.

Keberadaan tempat wisata ini tidak lepas dari legenda yang beredar di masyarakat. Dikatakan bahwa di daerah ini hidup seorang putri cantik yang ditangkap oleh para pangeran. Namun, sang putri bernama Dewi Sulastri menjatuhkan pilihannya pada seorang pemuda bernama Raden Sudjono yang mendaftar untuk menjadi pelayan di istana. Seseorang mencoba menculiknya dan membalaskan dendamnya karena tidak menikahi sang putri. Namun upaya itu gagal karena Raden Sujono berhasil membebaskan Dewi Sulastri. Mereka juga beristirahat di tempat tersembunyi yang sekarang dikenal sebagai tempat pesanggrahan panangus kuning. Lokasi wisma berada di area pantai ini.

Baca juga : Kebun Buah Mangunan Jogja

Harga tiket untuk Pantai Petanahan

Anda tidak perlu tarif mahal untuk menikmati keindahan objek wisata ini di Jawa Tengah. Pengunjung hanya membayar biaya masuk sebesar Rp. 3.000 rupee untuk dewasa dan Rp. 2.000 rupee untuk anak-anak. Cukup terjangkau untuk wisata yang indah dan indah.

Lokasi

Pantai Petanahan terletak di Desa Karanggadung, Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Lokasi sangat mudah ditemukan karena tidak jauh dari Kebumen Square. Jalan yang harus dilintasi untuk mencapai lokasi juga mudah diakses.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini cukup memadai. Ada banyak kamar mandi dan kamar pembilasan yang dalam kondisi cukup bersih dan terawat dengan baik. Masjid untuk tempat ibadah Muslim juga tersedia di sini. Belum lagi deretan warung makan dan warung kopi yang bisa dengan mudah ditemukan di sepanjang pantai. Bagi pengunjung yang ingin bermalam, ada puluhan kabin dengan harga murah yang tidak jauh dari kawasan wisata.

Baca juga : Taman Pintar Jogja

Jam buka

Wisata pantai di daerah Petanahan buka setiap hari selama 24 jam tanpa henti. Pengunjung dapat bermalam di area pantai ini. Angin dingin dan angin malam tidak bisa menghalangi turis yang ingin menghabiskan malam romantis di tepi pantai.

Pantai Petanahan, yang cukup terkenal di kota Kebumen, adalah keindahan pemujaan saat itu. Di antara lusinan wisata di pantai selatan Kebumen, kehadirannya mengalihkan wisatawan untuk datang. Pemandangan pantai begitu luas sehingga terlihat sangat menawan. Belum lagi kondisi alam hutan Cemara, yang memalukan jika disetujui. Banyak tempat foto-foto menarik yang bisa mempercantik galeri selfie. Menelepon agar tidak berenang untuk menjaga keamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *